Bahan dasar apa yang bagus ? untuk pembuatan interior Minimalis

Bahan dasar apa yang bagus untuk interior minimalis?

Sebagian besar dari customer bertanya-tanya, menggunakan bahan dasar apakah kualitas yang bagus untuk pembuatan interior minimalis.

Sebagai penyedia layanan jasa interior Jogja, kami menyarankan bahan dengan kualitas bagus, standard dengan harga yang standarad.

Plywood atau Multiplek atau Kayu Lapis nama lain dari satu jenis bahan, kami pilihkan sebagai bahan dasar karena beberapa alasan, ukuran yang direkomendasikan yaitu 15 mm dan 18 mm.

Mengapa menggunakan bahan plywood

Harga berada di tengah atau medium

Kualitas standard untuk pembuatan interior : Bahan ini telah diproduksi sedemikian rupa dengan proses laminasi dan kadar air didalamnya sangat sedikit sehingga mengurangi reskio penyusutan dan perubahan bentuk furniture

Tidak terlalu berat : Sehingga untuk kabinet kitchen atas tidak memberatkan tembok, dan mengurangi resiko tembok rusak.

Tidak mudah menyusut : Artinya furniture atau mebel yang dibuat bentuknya akan tetap bertahap terutama pada bagian sambungan, bagian laci dan pintu yang terkadang rusak.

Cukup tahan terhadap rayap : Karena setiap lapisanya sebagai perekat ada lem ( bahan kimia ) yang tidak disukai oleh rayap secara alaminya. dan rayap menyukai makanan kayu dengan kadar air cukup dan kayu yang masih natural. sehingga bahan ini salah satu bahan yang tahan terhadap rayap.

Mudah dibentuk dan cepat dalam pengerjaan : dibandingkan bahan kayu solid plywood lebih mudah dan cepat dikerjakan sehingga bisa mengerjar waktu deadline, dibandingkan kayu solid membutuhkan treatment khusus kayu agar mendapatkan hasil maksimal.

Gambar Plywood Khusus Interior

Tampak Samping :

Plywood Khusus Interior

Memiliki ciri berlapis dan tebal dengan permukaan yang tidak mudah mengelupas karena digunakan untuk perekat finishing HPL.

Tampak Atas :

Plywood Melaminto

Pada permukaan tampak putih halus ( melamin ) dan terdiri dari 2 jenis plywood seperti ini, yaitu : 1 permukaan putih dan 2 sisi permukaan putih

Perbedaan Plywood Interior dan Plywood Untuk Cor Bekisting

Secara bentuk hampir sama, namaun pabrik telah membuat masing masing sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Sebagai customer interior wajib mengetahui apa perbedaanya karena jika sudah jadi, tidak terlihat perbedaanya karena sudah dilapisi hpl.

Perbedaanya yang mencolok adalah pada permukaan yaitu :

-Permukaan plywood cor lebih kasar, dan mudah mengelupas dibanding plywood untuk interior

-Lapisan terakhir dari samping, plywood cor lebih tipis dibanding khusus untuk interior lebih tebal, akan sangat mudah dikenali jika dari samping.

-Lapisan tengah hampir sama, tampak tebal sekitar 3mm berlapis sesuai dengan tebal bersih 15 mm dan 18 mm ( rekomendasi ukuran bahan untuk interior )

-Harga jauh lebih murah dibanding khusus interior yang memiliki lapisan melaminto dan standard kualitas lebih baik. ( sesuai kebutuhan parbik membuatnya )

Bahan lain selain plywood untuk interior

Bahan lain untuk pembuatan interior yaitu :

  • Blokboard Melaminto : Potongan kayu yang disusun dibuat lembaran dengan ukuran sama seperti plywood biasa disebut barecore
  • Partikel Board : Susunan dari serbuk gergaji yang dibuat dan diproses sedemikian rupa sehingga terbentuk lembaran papan dengan ukuran tertentu, Menjadi perbedaan antara plywood, blokboard dan partikel board

Akhir Kata

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan pembuatan interior di atas, sebagai penyedia jasa layanan pembuatan interior, kami menyarankan untuk selalu mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Karena menentukan bahan dasar yang digunakan dan juga anggaran yang dikeluargan. Sebisa mungkin se-efektif dan efisien mungkin dalam pembuatan interior.

Semakin efektif dan efisien kita membantu keseimbangan bumi dan menjaganya agar tetap hijau. Salam Bumi Hijau, gerakan membuat tanpa banyak merusak dan tetap menjaga kelestarian alam

Aamiin

terimakasih untuk share ke media social, semoga bermanfaat

1 thought on “Bahan dasar apa yang bagus ? untuk pembuatan interior Minimalis”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *